Jumat, 15 September 2017

Resensi Buku Pendidikan Luar Sekolah Kini dan Masa Depan

Judul Buku             : Pendidikan Luar Sekolah Kini dan                                           Masa  Depan
Nama Pengarang    : DR.Umberto Sihombing
Nama Penerbit       : PD. Mahkota
Ketebalan Buku     : 205 Halaman
Cetakan                  : Pertama
Tahun Terbit           : 1999


     Buku ini membahas tentang pentingnya perannya pendidikan luar sekolah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Akumulasi pendidikan terus membengkak setiap tahunnya jika permasalahan-permasalahan pendidikan tidak diatasi dengan sungguh-sungguh. Dan juga akan menimbulkan berbagai macam permasalahan sosial yang sulit diatasi jika kita tidak segera menyelesaikan masalah pendidikan. Pendidikan Luar sekolah telah menjadi salah satu diantara pendidikan yang bertugas mencerdaskan bangsa dan memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya bagi masyarakat,terutama kepada masyarakat bawah yang tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan jalur pendidikan sekolah. Selain itu pendidikan luar sekolah juga berperan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin memiliki keterampilan dan pekerjaan. Dan dalam buku ingin pendidikan luar sekolah diharapkan berpangkalan dimasyarakat  dengan program yang tidak harus baku dan dapat disesuaikan dengan tuntunan lingkungan dimana pendidikan luar sekolah dilakukan. Dan pendidikan luar sekolah lebih diarahkan untuk memecahkan permasalahna-permasalahan dimasyarakat. Hal ini berbeda dengan pendidikan luar sekolah pada masa kini, dimana pendidikan luar sekolah datang dari pemerintah. Sehingga pendidikan tidak sesuai dengan tuntutan dan lingkungan dimana masyarakat berada. Berbagai macam jenis program dapat dikembangkan di pendidikan luar sekolah yang lebih biasanya juga sering disebut dengan program pendidikan masyarakat. Program-program tersebut dapat digambarkan sebagai contoh nya adalah keaksaraan fungsional,pengembangan anak usia dini,program paket A setara SD program paket B Setara SLTP,kelompok belajar usaha,beasiswa,magang,pendidikan kewanitaan. Selanjutnya sasaran dari program pendidikan masyarakat seharusnya seluruh warga yang membutuhkan pendidikan yang sebelumnya tidak dapat/sempat mengikuti pendidikan dijalur sekolah sepenuhnya,warga masyarakat yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang tidak diperoleh pada jalur sekolah,warga masyarakat yang sudah atau akan bekerja tetapi menuntut persyaratan tertentu yang tidak diperoleh dari jalur sekolah,warga masyarakat yang ingin melanjutkan kejenjang pendidiakn yang lebih tinggi.
      Dilihat dari tujuan-tujuan program, semua program bertujuan untuk mewujudkan warga belajar memiliki pengetahuan,kemampuan, dan sikap lebih mandiri, kreatif,dan dinamis dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya. Proses pembelajarannya dapat terjadi dimana saja,tanpa mengenal batas geografis,tempat, waktu dan usia. Beberapa hambatan yang dihadapi dalam penyelenggaraan program pendidikan masyarakat antara lain perkembangan program belum diimbangi dengan jumlah dan mutu tenaga yang memadai misalnya untuk penilik Dikmas. Demikian pula kebutuhan akan tutor, sebagai contoh utnuk paket B setara SLTP, seharusnya membutuhkan rata-rata 8 orang tutor, kenyataan dilapangan  baru dapat dipenuhi rata-rata 5 orang untuk setiap kelompok belajar. Tidak ada tempat yang pasti,sehingga sukar untuk memeantau kebenaran pelaksanaan pembelajaran. Tantangan bagi pendidik msyarakat pada tahun mendatang akan semangkin berat,karena tuntunan hidup masyarakat akan semnagkin meningkat sedangkan keterampilan sangat kurang sehingga menimbulkan kesulitan yang berkepanjangan bagi bagi warga masyarakat untuk terus belajar.

       Buku ini sangat memberikan banyak informasi bagi pembacanya terutama untuk mereka yang mempelajari dan mendalami ilmu pendidikan luar sekolah. Bahasa yang lugas dan menarik juga merupakan daya tarik tersendiri sehingga akan mudah dipahami setiap pembacanya.
Selain memiliki kelebihan buku ini juga memiliki kekurangan yakni pada bagian sampul gambar yang desain yang digunakan kurang menarik sehingga menimbulkan kurang minat bagi pembaca untuk mengkaji buku tersebut.
Namun terlepas dari kekurangannya buku ini sangat layak untuk dibaca dan dimiliki lebih khususnya untuk mereka ingin mengkaji lebih lanjut materi pendidikan luar sekolah dimasa kini dan masa depan yang sesuai dengan konsep, kiat dan pelaksanaannya.

1 komentar: